Di Balik Tradisi Makan Kue Bulan di Festival Pertengahan Musim Gugur

Di Balik Tradisi Makan Kue Bulan di Festival Pertengahan Musim Gugur

Mooncake Festival 2019

Setiap tanggal 13 bulan September, masyarakat Tionghoa dari seluruh penjuru dunia bersuka cita. Inilah saatnya mereka merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur atau Festival Kue Bulan. Hari itu, mereka akan berkumpul bersama keluarga dan menikmati kue bulan atau mooncake yang sudah melegenda.

Seperti apa sih, sejarah serta filosofi di balik kue bulan? 

Asal mula kue bulan dapat ditelusuri kembali ke Dinasti Tang. Penyair terkenal di era ini sering terinspirasi oleh bulan saat menulis puisi-puisinya. Selain itu, para kaisar sering menawarkan upeti kepada dewi bulan, yang berisi buah-buahan dan kue-kue.

Cerita rakyat terkenal lainnya tentang kue bulan berasal dari Dinasti Yuan abad ke-13, ketika Cina berada di bawah kekuasaan Mongol dan rakyat Han merencanakan pemberontakan. Pemimpin pemberontak saat itu membagikan kue bulan pada semua penduduk Cina. Masing-masing kue berisi selembar kertas bertuliskan "Bunuh orang-orang Mongol pada hari ke-15 bulan ke-8." Pemberontakan tersebut berhasil terlaksana.

Nah, setelah mengetahui sejarahnya, yuk kenalan dengan mooncake itu sendiri!

Seperti namanya, mooncake berbentuk bulat menyerupai bulan. Professor Wei Shang dari Columbia University mengatakan, “bulat adalah lambang persatuan dan kekeluargaan.”

Kue bulan terdiri dari 2 bagian: kulit dan isinya. Kulit yang lembut itu akan menyelimuti isian yang padat dan kaya rasa, kemudian ditekan dalam cetakan yang cantik sebelum dipanggang. Setelahnya, bagian atasnya diberi tanda seperti stempel yang pada umumnya menggunakan simbol atau aksara Tionghoa. Namun, seiring perkembangan zaman, bentuk stempel ini mulai dimodifikasi.

Maka, tak heran jika mooncake selalu hadir sebagai konsumsi pribadi maupun hadiah spesial pada perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur atau Festival Kue Bulan. 

Masih bingung untuk menyiapkan mooncake berkualitas premium untuk keluarga, sahabat, atau rekan bisnis? Tak perlu khawatir, karena The Harvest Cakes selalu punya solusi untuk semua kebutuhan selebrasi cake lovers.

Tahun ini, The Harvest Cakes menyajikan mooncake tradisional dengan 4 varian rasa. Yuk, simak di bawah ini:

 

PANDAN MUG BEAN

 

BLACK SESAME

 

SWEET GOJIN

 

SINGLE YOLK LOTUS


 

Tentunya hadiah spesial pada momen spesial untuk orang-orang tersayang membutuhkan kemasan yang tak kalah spesial, dong?

 

Nah, cake lovers tak perlu repot, karena mooncake kreasi The Harvest Cakes hadir dalam gift box mewah, elegan, dan sangat kental dengan nuansa Festival Kue Bulan! Cake lovers dapat memilih gift box berisi 1, 2, atau 4 mooncake dengan varian rasa yang disesuaikan dengan selera cake lovers atau si penerima hadiah.

 

GIFT BOX ISI 1 MOONCAKE

 

GIFT BOX ISI 2 MOONCAKE

 

GIFT BOX ISI 4 MOONCAKE

 

Yuk, kunjungi store The Harvest Cakes terdekat sebelum kehabisan. Cake lovers juga bisa pesan dengan mudah via layanan cake delivery 1500-581, Go-Food, Tokopedia, atau website. Selamat merayakan Festival Kue Bulan! 

ALMOND SABLE

ALMOND SABLE

Crunchy cookies with premium quality, packed in an elegant tin. Perfect to compliment Crisp and buttery cookies, made using real almonds and premium ingredients.a relaxing time spent with friends, family, and loved ones

 

Price Rp. 67.000

BUY NOW
GOLD CHOCOLATE PRALINE

Buy at Store

GOLD CHOCOLATE PRALINE

Available in 6 variants: Green Tea, Caramel Coffee, Strawberry, Thai Milk Tea, Gold Chocolate

 

 

DARK STORM

DARK STORM

Perfect to chase all your stress away like a storm! Enjoy intense chocolate cake enriched with chocolate ganache.

 

Price Rp. 37.000

BUY NOW